SAINT NEWS, (31/10) Himpunan Mekatronika (HIMAMEKA) Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura kembali mengadakan MRC Mechatronics Robotic Competition IV. Program kerja tahunan kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 bertempat di Gedung Cakra, Universitas Trunojoyo Madura.

Acara yang diikuti oleh 64 peserta ini, memiliki dua kategori yang diperlombakan.  Kategori tersebut adalah micro dan kategori analog. Para peserta yang mengikuti perlombaan ini dari berbagai macam tingkatan yaitu tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi. Selain itu, banyak peserta yang berasal dari luar pulau Madura seperti Pasuran, Malang, dan berbagai daerah lain di jawa timur yang ikut serta meramaikan perlombaan MRC IV tingkat nasional tersebut.

Dari antusias peserta yang cukup banyak ini selaras dengan tema yang telah disiapkan panitia, “Dengan tema The Next Prince Trunojoyo to Arena, saya berharap para peserta yang mengikuti perlombaan ini mampu mengembangkan kemampuannya dibidang industri” ujar Muhammad Yusuf, mahasiswa mekatronika selaku ketua pelaksana acara.

Suksesnya acara ini tidak lepas dari pendanaan serta kerja panitia yang solid. Dana didapatkan dari pihak Fakultas Teknik, Universitas, serta beberapa Sponsorship dengan total kurang lebih 45 Juta di gelontorkan beserta 70 panitia yang ikut andil mensukseskan acara MRC IV.

“Dengan anggaran tersebut, diambil pemenang dari setiap kategori lomba. Masing-masing kategori mendapat total hadiah  sebesar Rp. 3.000.000,- untuk juara 1, Rp. 2.000.000,- diberikan kepada juara 2, dan total hadiah Rp. 1.000.000,- untuk peserta yang juara 3”, tambah penjelasan dari ketua pelaksana acara.

Meskipun dengan jumlah hadiah lomba yang cukup besar, peserta mengaku bahwa mengikuti perlombaan ini bukan karena total hadiah tersebut. “Kita mengikuti perlombaan ini tidak mengharapkan juara tetapi lebih untuk pengalaman bagaimana menjadi juara” jelas Syaifulloh, salah satu peserta lomba MRC IV delegasi dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep.

Terkait informasi perlombaan MRC IV, syaifulloh menjelaskan bahwa informasi diperoleh dari alumni MAN Sumenep yang sedang berkuliah di Universitas Trunojoyo Madura program studi (prodi) Mekatronika, sekaligus menjadi seorang pebimbing.

Sedangkan untuk pengumuman juara lomba, panitia menjelaskan bahwa pengumuman akan disampaikan saat penutupan acara. Penutupan tersebut dilaksanakan pada Rabu malam, bertempat di gedung Cakra. (Rof’,Mau)