H-1 wisuda, prosesi yudisium Fakultas Teknik (FT) Universitas Trunojoyo Madura berlokasi diluar ruangan (outdoor) (Jum’at/27/9). Bertempat didepan Ruang Kuliah Bersama-F (RKB-F) Universitas Trunojoyo Madura, 167 yudisiawan/yudisiawati dari FT melaksanakan prosesi yudisium.

Prosesi dimulai dari sambutan Prof. Dr. Ir. Rachmat Hidayat., S.T., M.T. selaku dekan di FT.  Didalam sambutannya, dekan yang sudah mendapat gelar guru besar ini menyatakan bahwa prosesi ini merupakan tradisi yang berbeda dari fakultas yang lain, “ini adalah tradisi yang kita bikin berbeda dari fakultas lainnya, karena ini adalah fakultas teknik. Sesuai dengan tradisi kita, pada saat awal mahasiswa baru masuk kita sematkan almamater fakultas teknik. Begitu juga saat yudisium, anda akan dibuka almamaternya, menandakan bahwa semuanya sudah kembali kemasyarakat” tutur dekan FT, dalam sambutannya.

Kemudian, sambutan dilanjut dengan memberikan penghormatan berupa selempang kepada peserta yudisium terbaik. Selempang tersebut disematkan oleh Achmad Yasid S.Kom. M.Kom, selaku wakil dekan II. Adapun, berikut data peserta yudisium terbaik :

  1. Wrida Adi Wardana, Teknik Informatika, IPK 3.88
  2. Bariqi Nashih Ulwan, Teknik Industri, IPK 3.86
  3. Nikmat, Teknik Informatika, IPK 3.83
  4. Aslih Nur ‘Afifah, Teknik Elektro, IPK 3.80

Wrida Adi Wardana, merasa bangga menjadi bagian dari FT dan peserta yudisium terbaik “Bangga. Soalnya dari dulu yang membesarkan, memberikan kesempatan buat mengikuti lomba dan mawepres itu dari FT. Menjadi juara 1 mawapres FT, dan mewakili di universitas, serta diberikan kepercayaan dari dosen-dosen,” ucapnya. Baginya, yudisium kali ini terbilang spesial dan harus dilihat oleh mahasiswa semester muda, “special. Beda dari yang lain, kalau yang lain kan di indoor. Kalau bisa, acara seperti ini dilihat mahasiswa yang masih muda. Karena bisa menumbuhkan semangat. Acara seperti ini juga, menunjukan bahwa Teknik itu ada,” imbuh mahasiswa yang akrab di panggil ardi.

Merasa terkejut, Aslih Nur’Afifah satu-satunya perempuan yang menjadi peserta yudisium terbaik, mengucapkan terima kasih kepada partisipan yang menyiapkan konsep yudisium outdoor “Sangat terkejut, terharu, mendapatkan perlakuan yudisium seperti ini, cuma ada satu, di FT. Saya mewakili mahasiswa elektro pada khususnya, dan mahasiswa FT pada umumnya mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah menyyuport acara ini.”

Gubernur FT, Anang Purnomo memaparkan bahwa konsep outdoor ini mengaca dari yudisium pada bulan maret. “Dibuat outdoor, mengaca dari bulam maret kemarin. Memang diawali FT (supporter) lumayan. Makanya dibulan September ini, dimeriahkan lagi. Beda dari tahun kemarin, kemarin kan digedung rektorat, sekarang ceremonialnya dihalaman rumah kita, RKB-F” jelas mahasiswa teknik industri ini.

Hal tersebut dibenarakan oleh dekan FT, Prof. Dr. Ir. Rachmat Hidayat., S.T., M.T. “Disetiap kali yudisium kita memberikan konsep yang berbeda.  Karena ini FT, fakultas yang berbeda. Sehingga memberikan suasana yang berbeda. Untuk yudisium kali ini, kami serahkan ke pengurus badan kelengkapan,” jelasnya. Terkait dengan jadwal yudisium yang mepet dengan wisuda, dekan FT memaparkan bahwa itu adalah permintaan dari mahasiswa, “mengapa kami melaksanakan yudisium sehari sebelum wisuda. Karena hampir ¾ mahasiswa yang sudah lulus, sudah bekerja. Ini permintaan dari mereka, sehingga semuanya bisa datang” imbuhnya, saat diwawancarai oleh tim warta saint. (Can, Ly, Fi’)