SAINT NEWS – Aksi Solidaritas berlangsung di depan Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan (18/4). Terdiri dari beberapa elemen mahasiswa dan masyarakat, massa aksi bergerak dari Taman Makam Pahlawan menuju Polres Bangkalan pada pukul 10.00 WIB. Aksi tersebut mengecam Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bangkalan terhadap tindakan represif yang terjadi pada aksi tanggal 11 April kemarin.

Koordinator Lapangan (Korlap), Abdurrahman Wahid menuturkan dalam tuntutan yang disampaikan, Aksi Solidaritas juga ingin pelaku tindak represif segera ditemukan dan diberi tindakan tegas.

“Terkait tuntutan yang di sampaikan dapat dilihat sendiri di press release. Intinya kami ingin pelaku tindak represif ini segera ditemukan dan ada tindakan tegas dari pihak kepolisian, sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi  kedepannya,” tuturnya.

Wahid menambahkan, Kapolres sudah menyetujui terhadap tuntutan yang diajukan.

“Dari pihak Kapolres sudah menyetujui terhadap tuntutan kami. Mereka sudah memberikan janji dan ada press release yang menjadi bukti,” pungkas Korlap Aksi Solidaritas.

Selaras dengan yang disampaikan Korlap, Kapolres Bangkalan, Alith Alarino memberikan jaminan dan kepastian akan mengawal serta mencoba untuk memfasilitasi pelaksanaan penyampaian aksi.

“Saya memberikan jaminan dan saya memberikan kepastian bagi adek-adek sekalian, apabila ada pelaksanaan aksi akan kita kawal dan kita coba untuk fasilitasi,” ujarnya.

Terkait tuntutan massa aksi, dari pihak Kapolres Bangkalan sendiri akan berupaya untuk memenuhi tuntutannya.

“Tentunya saya akan berupaya memenuhi tuntutannya, dan ini akan  menjadi cermin bagi saya dan jajaran untuk lebih profesional dalam penanganan unjuk rasa khususnya di Bangkalan,” tutupnya. (ki nyang)