SAINT News – Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kamis kemarin memberikan informasi melalui media WhatsApp (WA), bahwa mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura (FT-UTM) masih belum dapat melakukan penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS), yang harusnya sudah dapat dilakukan sejak (04/02). Dikarenakan masih belum mendapatkan data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari pihak FT–UTM untuk dievaluasi sehingga belum dapat diproses.

Mawar (red : bukan nama sebenarnya) salah satu mahasiswi Program Studi (Prodi) teknik mekatronika, menanyakan kenapa penyusunan KRS FT selalu terlambat tidak seperti fakultas lain di UTM.  “Ya kalau menurutku. Kenapa punyanya teknik selalu telat. Ya kan kita sama satu kampus dengan fakultas lain,” tuturnya.

Kemudian dari Rullie Annisa, S.T, M.T selaku dosen Prodi teknik industri, mengungkapkan bahwa dari informasi yang didapatkannya fakultas telah mengajukan penangguhan jadwal KRS. ”Menurut informasi yang diperoleh, surat permohonan penangguhan sedang diajukan,” ungkapnya.

Syahdan, Ahmad Ubaidillah MS, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan (Wadek) I bidang akademik FT-UTM, menerangkan mengapa mahasiswa FT-UTM belum dapat melakukan penyusunan KRS. Dikarenakan jadwal Ujian Akhir Semester (UAS), pengumpulan dan input nilai serta sidak skripsi yang terlalu sempit. “Waktu UAS dengan pengumpulan nilai, input nilai, masa sidang skripsi Fakultas Teknik 6 Prodi dan input jadwal terlalu sempit,” terangnya.

Selaras dengan ungkapan dosen teknik industri sebelumnya, Wadek I yang akrab disapa Ubed ini juga menambahkan, bahwa dari pihak Wadek I sudah ada wacana pengajuan penangguhan jadwal KRS. “Sebenarnya di grup Wadek I, wacana mengajukan penangguhan jadwal KRS sudah bergulir, tetapi untuk sementara Dekan FT yang mengajukan itu,” tambahnya.

Dosen Prodi teknik elektro itu juga menuturkan, bahwa kemungkinan di awal minggu dapat menginputkan jadwal. Dikarenakan minggu ini fakultas dan Prodi sedang fokus untuk sidang skripsi. “Minggu ini fakultas dan Prodi lagi fokus sidang skripsi dan input nilai. Mungkin awal minggu depan baru bisa input jadwal,” tuturnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Dewi Ruliana, S.Kom selaku staff BAAK-UTM belum bisa dimintai keterangan perihal penangguhan KRS yang diajukan oleh FT-UTM. (Say, Az, Ly, Dew)