Di perkuliahan banyak sekali aktifitas yang dijalani oleh para mahasiswa. Tidak lepas juga dalam hal mmengerjakan tugas, yang mana itu merupakan aktifitas utama mahasiswa. Terlebih untuk mahasiswa fakultas teknik, yang mana terkenal akan tugas-tugas nya yang begitu berat.

Bagaimana mahasiswa teknik dalam mengerjakan tugas? Apakah perlu perangkat khusus? Apakah ada perangkat untuk mempermudahnya? Untuk menjawab semua itu, mari kita kupas satu persatu. Berikut ini merupakan beberapa perangkat lunak yang sering digunakan oleh mahasiswa teknik tingkat awal yang perlu kalian ketahui… Apakah saja itu? Mari kita baca sampai akhir..

1. AutoCAD

AutoCADadalah software atau perangkat lunak komputer CAD yang digunakan untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi, software ini dikembangkan oleh Autodesk. Autocad sering digunakan oleh mahasiswa teknik sipil, teknik mesin, teknik industri, arsitek dll. Autocad sangat membantu pekerjaan engineer, terutama dalam hal menggambar sipil, bangunan, mesin, pemetaan, dan masih banyak lagi.

2. Matrix Laboratory (MATLAB)

Matrix Laboratory (MATLAB) adalah bahasa dengan kinerja tinggi untuk komputasi masalah teknik, yang dikembangkan oleh MathWork. MATLAB sering digunakan untuk perhitungan matematika dan komputasi, visualisasi, pengembangan algoritma matematika, simulai, pemodelan, dan masih banyak lagi. MATLAB banyak digunakan kalangan pelajar, mahasiswa (red : teknik mesin, elektro, dll), engineer, institusi penilitian, maupun dalam bidang industri.

3. ISIS Proteus

Proteus merupakan sebuah software yang digunakan untuk mendesain PCB (Printed Circuit Board), dengan dilengkapi simulasi PSpice pada level skematik. Dalam menghindari kemungkinan terburut saat membuat rangkaian elektronika, kita perlu menyimulasikannya pada sebuah software terlebih dahulu, dan ISIS Proteus tepat untuk hal itu. Penggunaan software ini biasanya sering digunakan oleh mahasiswa teknik elektro.

4. Sublime Text

Sublime Text adalah aplikasi editor untuk kode dan teks yang dapat dijalankan sebagai media operating system. Sublime Text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan fitur syntax highlights hampir disemua bahasa pemrograman seperti; C, C++, Java, PHP, HTML, CSS, SQL, dan masih banyak lagi. Sublime Text bukanlah aplikasi opensource, tetapi dapat digunakan secara gratis selama tiga tahun, jadi cocok digunakan untuk pelajar maupun mahasiswa. Selain Sublime Text, ada juga Visual Studio Code yang sama fungsinya seperti Sublime Text, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

5. Microsoft Visio

Microsoft Visio merupakan perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), dan skema jaringan. Software ini penting bagi mahasiswa teknik, khususnya yang mengampu matakuliah algoritma pemrograman untuk membuat diagram alir (flowhart). Biasanya saat praktikum software ini sangat dibutuhkan.

6. Microsoft Office

Dalam dunia perkuliahan, Microsoft office ialah software yang wajib digunakan oleh mahasiswa di setiap jurusan. Software ini, terutama Microsoft office word sering digunakan oleh mahasiswa teknik untuk mengerjakan tugas dosen, menulis laporan praktikum, dan masih banyak lagi.

Gimana? Sudah kebayang? Bagaimana mahasiswa teknik dalam mengerjakan tugas. Beberapa hal di atas yang telah disajikan, merupakan sebagian dari perangkat lunak yang mayoritas digunakan oleh mahasiswa teknik.

Semoga memberikan informasi baru dan berguna untuk kita semua. Terlebih dalam mengerjakan tugas-tugas selanjutnya.. Terima kasih.

Penulis : Rouf

Editor : Red