Jombang, sebuah kota yang terletak di bagian tengah provinsi Jawa Timur. Letaknya yang berada di persimpangan jalur lintas utara dan selatan pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta) menjadikannya strategis. Tidak hanya itu, kota yang dijuluki sebagai Kota Santri ini menyuguhkan banyak keindahan.

Ada begitu banyak tempat wisata yang ada di Jombang. Salah satunya adalah Alun-alun Jombang yang berada dipusat kota. Tepatnya di Jl. Diponegoro No. 1-3, kec. Jombang, kab. Jombang. Hamparan tanah lapang yang luas, ditambah pepohonan disetiap sudut, menjadikannya indah dipandang. Tak lupa, bangku-bangku juga tersusun rapi di bahu jalan. Banyaknya merpati jinak yang tinggal di sekitaran Alun-alun, juga menjadi daya tarik masyarakat.

Selain itu, adanya 4 pilar menara masjid yang ada di sekitaran Alun-alun, menjadikannya berbeda dari yang lain. Fasilitas yang memadai juga menjadikannya nyaman  untuk dikunjungi, diantaranya adalah area parkir, masjid, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sebagai sebagai tempat wisata, Alun-alun Jombang juga digunakan sebagai ladang mencari uang. Banyak orang yang berjualan makanan, minuman, atau mainan. Ada yang mendirikan warung-warung kecil di pinggiran Alun-alun, berjualan memakai gerobak, dan ada juga yang berkeliling untuk menjajakan dagangannya.

Alun-alun Jombang merupakan salah satu ikon kota Jombang yang sering digunakan untuk acara-acara besar. Seperti upacara bendera hari besar, perlombaan, pengajian, dll.

Namun, terkadang tempat ini disalah gunakan oleh beberapa oknum. Banyak siswa ataupun siswi yang bolos sekolah, dan memilih nongkrong di warung-warung yang ada di Alun-alun. Untuk mengurangi hal itu, pemerintah kota Jombang telah menugaskan SATPOL PP untuk merazia para siswa ataupun siswi yang bolos. (Dini)