Saat ini sosial media (sosmed) sangat digandrungi banyak orang. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak menggunakannya. Biasanya sosmed digunakan orang untuk menggunggah atau menyebarkan informasi umum maupun pribadi kepada khalayak ramai di dunia maya. Informasi yang diunggah biasanya disisipi dengan kata-kata atau tulisan menarik, agar orang berminat untuk membacanya. Tulisan atau kata-kata itu disebut dengan caption.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) caption merupakan judul halaman, bab, tulisan di bawah karikatur, gambar, dsb. Namun, fungsi atau manfaat caption sendiri itu apa? Mari kita lanjut. Sering kali caption dibuat untuk membantu pembaca memahami informasi yang mungkin tidak ada dalam teks. Caption juga berfungsi memberi informasi dasar dari suatu objek atau gambar. Sebuah objek atau gambar memang mempunyai maksud tersendiri tetapi tidak terlalu jelas.  Maka dari itu, pentingnya menulis caption adalah untuk menjelaskan informasi tentang gambar atau objek dan maksudnya, agar tidak terjadi salah penafsiran.

Lalu bagaimana menulis caption yang benar? Sehingga pembaca dapat berminat dan mengerti tentang apa yang kita unggah. Berikut ini cara menulis caption yang baik dan benar supaya memberikan kesan menarik kepada pembaca.

  1. Kenali demografis pembaca atau followers-mu

Langkah pertama untuk membuat caption yang keren adalah mengenal audiens Kamu terlebih dahulu. Mengapa? Memang, mengetahui tipe pembaca atau followers mu memudahkan untuk membuat strategi pemasaran yang memenuhi kebutuhan pembaca mu. Hal ini berdampak signifikan terhadap kepentingan yang lain, karena strategi pemasaran yang tepat menyesuaikan dengan kebutuhan audiens.

  1. Tampilkan ciri atau kepribadian-mu

Kedua, saat membuat caption, penting untuk mengingat kepribadian atau ciri khusus mu.  Jika kamu ingin menampilkan konten yang menyenangkan dan santai, gunakan bahasa sehari-hari, termasuk referensi yang ringan dan umum.  Namun, jika ingin menampilkan hal yang serius dan berwibawa, sebaiknya gunakan frasa formal dan deskriptif. Penting untuk memastikan bahwa setiap frasa yang kamu gunakan cocok dengan kepribadian mu.

  1. Jangan membuat caption yang terlalu panjang

Followers mu pasti menemukan banyak dari berbagai unggahan. Oleh karena itu, mereka tidak akan mau menghabiskan banyak waktu untuk membaca unggahan mu saja. Dengan sebab itu, jangan tulis caption terlalu banyak. Itu hanya membuat pembaca atau followers mu malas dan membuat unggahan mu membosankan. Namun, jika ada cerita menarik di balik unggahan kamu, periksa setiap kalimat dan bacalah dengan lebih efektif. Pastikan narasi catatan kaki menginspirasi sehingga follower mu tertarik membaca teks panjang.

  1. Curi perhatian pembaca atau followers kamu dengan kalimat pertama

Kalimat pertama adalah aspek yang menentukan apakah pembaca menghabiskan waktu membaca teks. Sekarang masukkan informasi kunci dalam bahasa yang menarik untuk membuat kalimat pertama dengan keterangan yang menarik. Jadi, jika kamu ingin menyebutkan informasi lain dan menyertakan tagar, sebaiknya kamu meletakkannya di bagian bawah pernyataan.  Menempatkannya di awal kalimat mengalihkan perhatian pembaca dan menarik perhatian ke tagar dan profil akun.

  1. Sertakan CTA saat menulis caption

Satu pesan terakhir untuk membuat caption yang bagus adalah dengan menggunakan Call to Action (CTA). CTA sendiri adalah panduan gaya pernyataan yang dibuat untuk memungkinkan pembaca mu merespon atau mengambil tindakan pada unggahan kamu. CTA dapat berupa kalimat ajakan atau pertanyaan. Kamu dapat mengajukan pertanyaan terkait subjek foto, seperti pada contoh di akhir kalimat. Ini akan memungkinkan publik untuk meninggalkan komentar dan menjawab pertanyaan kamu. Kamu juga bisa membuat pembaca mu bertindak dan bereaksi. Caranya adalah dengan membuat kalimat yang mengundang, seperti perintah kepada pembaca untuk mention teman di kolom komentar atau menyebarkan unggahan mu.

Itulah beberapa cara yang bisa diikuti agar caption pada unggahan mu lebih menarik. Intinya, pikirkan kembali keperluan pembaca mu. Sebab, konten terbaik adalah konten yang selalu menyediakan topik relevan bagi kebutuhan pembaca. (qyn)