SAINT NEWS – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mulai melakukan pendataan untuk persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pemberitahuan diumumkan melalui Surat Edaran Nomor B/1866/UN46/KR.01.02/2021 pada Kamis (09/9/2021).

Wakil Rektor I (Warek I), Deni Setya Bagus Yuherawan, menyatakan pendataan dilakukan oleh pihak kampus bertujuan untuk mengetahui jumlah mahasiswa UTM yang sudah vaksin dan adanya rencana vaksinasi se-UTM untuk mahasiswa yang berdomisili di sekitar Madura.

“Pendataan kemarin pihak kampus ingin mengetahui berapa persen mahasiswa UTM yang sudah divaksin. Rencana akan diadakan vaksinasi se-UTM, tetapi diutamakan untuk mahasiswa yang jaraknya dekat. Untuk semester ini dipastikan kuliah daring, tetapi untuk praktikum itu luar jaringan (luring),” jelasnya.

Mengenai rencana PTM di UTM, Warek I menambahkan untuk semester ini pembelajaran masih dilakukan secara dalam jaringan (daring).

“Untuk semester ini dipastikan kuliah daring, tetapi untuk praktikum itu luring,” imbuhnya.

Satgas Covid UTM, Ningwar, mengungkapkan bahwa UTM masih belum siap melakukan PTM. Juga menambahkan bahwa syarat melakukan PTM harus sudah vaksin dahulu.

“Kalau sekarang mau luring ya belum bisa, berbeda kalau dengan SD dan SMP itu kan lokal. Dari saya sebagai satgas kalau mau tatap muka ya harus vaksin dahulu. Itu dari hasil rapat yang saya serap,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Teknik (Dekan FT) UTM, Rachmad Hidayat, menyatakan belum mengetahui teknis mengenai rencana PTM di UTM.

“Saya belum tahu teknisnya. Masih wacana dan pendataan mahasiswa yang sudah vaksin. Belum ada edaran rektor tentang tatap muka, yang ada surat pendataan mahasiswa yang vaksin,” ungkapnya.

Rachmad menjelaskan bagus untuk memetakan data mahasiswa, sedangkan FT sendiri selalu siap dengan pembelajaran luring ataupun daring.

“Ya tidak apa-apa. Bagus. Untuk memetakan data mahasiswa yang vaksin. FT Selalu siap. Mau luring monggo, daring juga monggo. Langsung aja pengumuman dari rektor,” tuturnya saat diwawancarai melalui WhatsApp.

Dosen Teknik Industri (TI), Rullie Annisa, mengungkapkan bahwa tidak ada masalah terkait PTM apabila dilaksanakan semester ini.

“Untuk saya pribadi tidak ada masalah,” jelasnya melalui WhatsApp. (Khar, Rif, Yepe, Olv)

 

.