SAINT NEWS – Pelaksanaan yudisium mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura (FT-UTM) Jum’at (26/03) digelar di Gedung Auditorium secara offline. Sebanyak 156 mahasiswa FT dari enam Program Studi (Prodi) diiringi tradisi arak-arakan oleh Aliansi Teknik. Arak-arakan dimulai pukul 08.30 WIB dari Ruang Kuliah Bersama F (RKB-F) menuju Gedung Auditorium dan kembali ke RKB-F pukul 11.00 WIB.

Rahmat Hidayat selaku Dekan FT, menanggapi arak-arakan Aliansi Teknik yang dikemas kembali seperti budaya FT. “Yudisium ini kita kemas kembali seperti budaya yang ada di fakultas teknik. Di awal masuk ada penyambutan, dan di akhir ada pelepasan yang tidak mungkin ada di tempat lain. Oleh karena itu kami mengijinkan saat pandemi ini, dengan Protokol Kesehatan (Prokes) insyaallah aman,” ujarnya.

Senada dengan Dekan FT, M. Hilman Fahri Firmansyah Selaku Koordinator Pusat (Korpus) Aliansi Teknik menuturkan arak-arakan yang dilakukan sekitar 100 mahasiswa FT ini hanya melanjutkan budaya dan mempertahankan kultur FT. “Kita hanya melanjutkan budaya yang ada di teknik dan menanamkan kembali rasa cinta untuk teknik. Karena tidak ada cinta yang paling liar selain mempertahankan kultur dan budaya,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Pimen.

Salah satu peserta Yudisium Prodi Sistem Informasi (SI) angkatan 16, Anni Tadzkiro mengungkapakan, acara yudisium hari ini meriah sekali dan hanya di FT yang ada arak-arakan. “Yudisium hari ini dari fakultas teknik cukup meriah sekali dibanding fakultas lain. Ada arak-arakan dan saya pikir di fakultas teknik saja yang ada,” ungkapnya.

Anni menambahkan, Dekan FT sangat antusisas dengan yudisium yang dibuat semeriah mungkin sebagai persembahan terakhir dan kesan terbaik untuknya sebelum lulus. “Hanya Dekan fakultas teknik yang antusias mengadakan yudisium yang dibuat semeriah mungkin, karena ini kan persembahan terakhir jadi memberi kesan yang tebaik bagi saya. Habis ini lulus sudah tidak jadi mahasiswa lagi, ini kenang-kenangan terbaik di fakultas teknik,” tambahnya.

Ahmad Fendi Firmansyah, mahasiswa Prodi SI Angkatan 16 mengungkapkan dirinya merasa senang atas antusias teman-teman FT dalam mengikuti acara arak-arakan kali ini, “saya cukup senang ya, soalnya dari teman-teman adik tingkat saya  itu juga mengikuti Yudisium ini dengan senang juga, kita senang mereka juga senang. Jadi acaranya cukup berjalan dengan lancar dan alahamdulillah sekarang selesai,” pungkasnya. (Say, Uff, Zi, HMI, Syah)