Universitas Trunojoyo Madura (UTM) khususnya mahasiswa Fakultas Teknik (FT)  memang tak henti-hentinya menorehkan prestasi gemilang kancah nasional, salah satunya di kesempatan lomba Essay Intellectual Competition.

Intellectual Competition merupakan lomba essay yang diselenggarakan UIN Sunan Gunung Jati, Bandung 16 November 2019 dan bersifat individu. Lomba tersebut di laksanakan secara online yang dimulai dengan pendaftaran dan pengumpulan judul essay. Peserta berjumlah 38 mahasiswa dari berbgai universitas di Indonesia. Setelah itu, akan dipilih 5 peserta terbaik yang harus membuat video penjelasan singkat mengenai isi dari karya yang dikirimnya.

Menurut Adhi Arifin mahasiswa Teknik Industri angkatan 2016 yang merupakan peserta lomba, pada mulanya ia lolos sebagai 5 karya terbaik dengan nilai tertinggi. Kemudian, berlanjut mengirimkan video singkat penjelasannya mengenai hasil karyanya, ia dinyatakan mendapat juara pertama.

Karya tulis yang dikirimnya yang berjudul “Pengoptimalan Pendapatan Masyarakat Madura Melalui Madura’s Portable Deck Dan E-Schedule Ship Guna Menghadapi Fluktuasi Ekonomi Indonesia”. Gagasan tersebut diambil lantaran sesuai dengan permasalahan yang ada di pulau Kangean, sapudi dan sekitarnya. Itu proses distribusi hasil ternak kurang maksimal, karena hasil ternak terutama sapi, itu diceburkan ke laut, karena terkendala tidak adanya darmaga khusus ternak. Dengan tidak adanya dermaga khusus ternak ini menimbulkan kerugian yang amat banyak, terutama harga jual sapi yang menurun bahkan bisa menimbulkan kematian pada sapi tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa ia menyukai dunia essay dari sejak menjadi mahasiswa baru tapi kendalanya pada waktu itu, belum tau tata cara penulisan yang benar.

“Dulu sering ikut lomba-lomba juga. Akan tetapi belum lolos. Akhirnya terus belajar dari setiap kekalahan, dan membenahi apa yang kurang dari penulisannya,” terangnya.

Adhi berharap bahwa prestasi yang diraihnya ini, bisa memotivasi teman-teman yang lain, “Kalo paling besar ya orang tua sih, kalo ngelihat orang tua bahagia , itu pencapaian sendiri bagi kita juga. Selanjutnya teman-teman aslab (red:asisten lab) manajamen industri dan anggota UKMF Inovasi, ini kan saya udah semester tua, harapan besar bisa memotivasi temen temen mahasiswa fakultas teknik yang lain.”

“Kalo kendala berat tidak ada sih.  Mungkin kendala pribadi saja ya, terutama manajemen waktu, soalnya harus ngimbangin antara kuliah, aslab, asprak, sama organisasi. Jadi ngelanjutin tulisan, diatas jam 12 malem. Dan Alhamdulillah juga, dari Wadek 3 selaku bagian kemahasiswaan juga sangat mendukung. Jadi kalo kendala hampir ga ada sih kak. Sama itu juga, pas seleksi video presentasi, bebarengan sama agenda BK juga, jadi ngedit videonya disela sela acara BK kak. Hehe” pungkasnya kala ditanya perihal hambatan selama proses perlombaan. (FND)