SAINT NEWS- Minggu, 18 November 2018, UKM-FT Inovasi menyelenggarakan seminar nasional entrepreneurship yang mengusung tema “Be Young Enterpreneur With Your Inovative Idea”. Acara tahunan kali ini berlokasi di gedung Graha Utama Rektorat Lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura. Dihadiri oleh 250 peserta dengan beberapa undangan menghadirkan tiga pembicara yang berpengalaman dalam berwirausaha.

Disiapkan selama dua bulan oleh 50 panitia acara dibuka dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana Adhi Arifin, Ketua Umum UKM-FT Inovasi Hakiki Bagus Sajiwo dan dilanjut oleh Gubernur Fakultas Teknik Syafrizal Febrianto. Sembari menunggu pembicara, acara diisi penampilan dari program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang membawakan tari tradisional dan UKM-FT Blue Murder yang menyanyikan beberapa lagu.

Pembicara pertama oleh bapak Agus Dwi Basuki, pemilik perusahaan BETA (Bengkel Tani). Pembicara yang berasal dari Malang ini menjelaskan tentang memanfaatkan barang-barang yang dianggap sampah sebagai peluang usaha. Pembicara kedua oleh ibu Cici Esti Naluri, CEO Think Indonesia, memberikan motivasi bagi para mahasiswa agar membuka pemikiran untuk meningkatkan jiwa entrepreneur. Dan pembicara ketiga bapak Tom Liwafa merupakan owner Handmadeshoesby, dimana dalam acara seminar ini beliau membagi kisahnya membangun perusahaannya.

Acara ini sempat ada kendala karena antusias peserta yang membeludak. “Kita mendata 200 peserta, tetapi kemarin ada miss komunikasi sehingga peserta bertambah hingga 200 lebih. Ternyata di rektorat lantai 10 kurang muat, sehingga tempatnya agak mepet. Untungnya panitia sudah mengantisipainya” , ujar ketua pelaksana yang merupakan mahasiswa teknik industri semester 5.

Zaman modern ini menciptakan pola pikir kebanyakan mahasiswa yang hanya berpangku tangan dengan menjadi karyawan dan enggan keluar dari zona nyaman. Dengan seminar ini panitia berharap mampu mengubah pola pikir tersebut, “ Dari panitia pengennya, mampu membuka wawasan ide-ide kreatif dari mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura khususnya fakultas teknik, buat menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur mereka” lanjut penjelasan dari ketua pelaksana.

Dari sisi peserta juga mengharapkan hal yang serupa, “Saya ingin mencari dan medapatkan ilmu mengenai wirausaha. Karena disemester ini saya ingin lebih fokus mendalami apa itu wirausaha. Sehingga mampu membuka saya untuk menjadi seorang entrepreneur.” ungkap Heni Wulandari peserta seminar yang merupakan mahasiswa teknik industri semester 3. (Fm,Can)