Modern ini, memang belum banyak yang tahu mengenai sego boranan atau biasa disebut dengan nasi boran. Nasi boran merupakan makanan tradisional khas Lamongan, Jawa Timur. Meski makanan khas yang satu ini tidak sepopuler soto lamongan, tetapi rasanya tak kalah lezat dan nikmat. Selain itu, berbeda dengan soto yang dapat ditemui di berbagai daerah dengan kekhasan masing-masing, nasi ini hanya dapat ditemui di lamongan

Makanan ini disebut dengan boranan, karena kata boranan berasal dari tempat nasi (terbuat dari anyaman bambu) yang di gendong dengan selendang pada punggung. Tempat nasi itu sendiri, disebut boran oleh masyarakat sekitar.

Nasi boranan terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek. Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan. Serta, lauk yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lauk-lauk lainnya. Ciri khas dari nasi boran yang tidak ada pada menu makanan lainnya yaitu empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk ini dibuat dari tepung terigu yang dibumbui. Pletuk terbuat dari nasi atau kacang yang dikeringkan, lalu dibumbui dan digoreng. Namanya diambil dari bunyi ketika makanan ini saat dikunyah, “pletuk-pletuk”. Dan ikan sili, lauk yang tidak bisa ditemui setiap saat, karena termasuk ikan musiman. Ikan sili dulu lebih dikenal sebagai ikan hias, harganya lebih mahal dibanding daging ayam. Bentuk ikan ini panjang seperti belut, tidak kentara mana bagian kepala atau ekornya. Durinya pun hanya ada di bagian tengah.

Untuk seporsi nasi boran biasanya dihargai Rp.10.000,-. Namun, jika memilih lauk ikan sili maka akan dihargai Rp.15.000,- hingga Rp.25.000,- tergantung dengan besar kecilnya ikan sili tersebut. Para penjual nasi ini biasanya menjajakan dagangannya secara lesehan. Hampir di setiap sudut kota lamongan dapat di temukan penjual nasi boran. Tetapi, lebih mudah di temukan di kawasan pasar-pasar kota, sekitar alun-alun lamongan dan didepan lamongan plaza.

Dari hidangan-hidangan yang disuguhkan pada nasi boran ini, dijamin akan membuat ketagihan para penikmatnya. Apa lagi, untuk menikmati makanan ini tidak perlu merogeh kantong cukup dalam. Menjadikan alternatif utama, untuk para pemburu kuliner yang singgah di kota lamongan.   (Zalina)