Jalan-jalan ke kota Gadis alias kota Madiun, tidak lengkap apabila hanya untuk membeli makanan khas dari kota ini (bem dan madumongso), tanpa lebih dahulu singgah mengunjungi tempat-tempat wiisata yang ada di daerah ini. Daerah yang terkenal sebagai daerah yang pada saat itu dijadikan pusat pemerintahan tentara Jepang pada masa penjajahan dahulu. Madiun juga merupakan basis pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) sekitar tahun 1942 silam.

Namun, sejarah kelam kota Madiun itu kini telah berganti seiring berjalannya waktu. Terbukti dengan adanya kerlap-kerlip lampu yang menghiasi Jalan Pahlawan yang dahulu merupakan Markas Kenpetai (Markas Tentara Jepang). Kini tempat tersebut telah diubah menjadi salah satu wisata kekinian yang bisa menjadi salah satu pilihan ketika anda sedang mengunjungi kota Madiun.

Orang-orang menyebutnya dengan wisata “Madiun Rasa Jogja” hal ini dikarenakan nuansa pada tempat ini menyerupai kota Jogja, lebih tepatnya menyerupai Jalan Malioboro. Lengkap dengan bangku-bangku yang terpasang dibahu jalan, hingga ornamen lampu-lampunya yang sangat mirip dengan yang ada di Malioborro, juga dengan paving yang terpasanngpun juga menggunakan paving yang sama dengan yang ada di Malioboro. Tidak lupa, ornamen batu pualam besar juga turut menghiasi tempat ini.

Kemiripan dengan Jalan Malioboro yang ada di Jogjakarta menjadikan tempat ini memiliki keunggulan tersendiri bagi wisatawan. Sangat di sayangkan apabila berkunjung pada pagi atau siang hari, tempat ini sangatlah panas. Hal ini dikarenakan pepohonan yang ada di tempat ini belum tumbuh subur. Anda akan mendapatkan angle foto yang indah apabila berkunjung di sore atau malam hari. Tidak adanya tempat parkir yang di sediakan juga di khawatirkan akan mengganggu ketertiban lalu lintas yang ada.

Tempat ini terletak di Jalan Pahlawan kota Madiun. Tepat berada di depan Balai Kota Madiun, sekitar kompleks Gereja Katholik kota Madiun (salah satu gereja tua yang ada di kota Madiun). Tempat ini sangat ramai dikunjungi warga Madiun dan sekitarnya, tak hanya itu para muda-mudi juga sering membicarakan tempat hits yang beberapa waktu lalu sempat viral di sosial media ini. Walaupun tempat wisata ini masih tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan, hal ini tidak menurunkan minat pengunjung untuk mengunjungi tempat ini pada awal liburan tahun lalu. ~Yep